Senin, 17 November 2014

Perbedaan Linux dengan Windows dan kelebihan dan kekurangan linux dari segi keamanan komputer


Kelas : 4ka34
Nama Kelompok :
  1. Adam Pratama (10111106)
  2. Dewi Kemala ERTS Halimatu (19111077)
  3. Hendro Pratomo (13111300)
  4. Joechry Fariz Ghazzan (13111837)
  5. Roni Singgih Wibisiono (16111451)

Perbedaan Linux dengan Windows dari segi keamanan komputer


Linux lebih dikenal memiliki sistem keamanan yang cukup tangguh ketimbang windows. Karena sebagian besar virus lebih senang menyerang windows. tentunya kalau dilihat sekilas memang karena windows lebih banyak pemakai sehinnga lebih menguntungkan menyerang windows ketimbang Linux. Kalaupun menyerang maka di Linux tidak mudah menyebar. Linux jauh lebih tahan terhadap serangan virus. Bukannya tidak bisa diserang sama sekali, namun virus memang tidak dapat berkembang pada sistem ini. Selain itu kerumitan sistem juga menyebabkan linux susah ditembus. Pada kebanyakan distro Linux diperlukan password jika akan terjadi perubahan pada sistem sehingga pengguna Linux bisa mengetahui jika ada aplikasi/virus yang ingin merubah sistem. Nah kalau bicara masalah virus memang windows gudangnya. computer dengan sistem windows rentan sekali dengan serangan virus. Tentunya anda bisa melindungi dengan antivirus yang di dapat secara gratis di internet maupun membelinya. Bisa dikatakan pengguna windows wajib hukumnya memiliki antivirus karena sistem ini sangat rentan terkena virus baik dari internet , jaringan, aplikasi maupun dari media penyimpanan seperti flashdisk, CD maupun hardisk eksternal.

Kelebihan dan kekurangan Linux dari segi keamanan komputer

Kelebihan :

  1. Lebih unggul dalam hal keamanan karena Linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.
  2. Linux lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan penggunanya merestart komputer.
  3. Kerumitan sistem juga menyebabkan linux susah di tembus, contohnya pada kebanyakan distro linux diperlukan password jika akan terjadi perubahan pada sistem sehingga pengguna linux bisa mengetahui jika ada aplikasi/virus yang ingin merubah sistem.
Kekurangan :

Untuk kekurangan linux dari segi keamanan komputer saya rasa linux tidak memiliki kekurangan , karena sistem dari linux susah di tembus , jika ada virus pun, virus tersebut tidak bisa berkembang. Hanya saja, Susah mencari teknisi jika terjadi crash, karena tidak begitu banyak orang yang mengerti linux bila dibandingkan dengan windows.

Referensi :
http://fahrin17chin.blogspot.com/2010/10/perbedaan-sistem-keamanan-windows.html
http://apaperbedaan.blogspot.com/2013/09/perbedaan-linux-dan-windows.html
http://sistemoperasikomp.blogspot.com/2013/04/kelebihan-dan-kekurangan-linux.html
http://www.jejaring.web.id/perbedaan-linux-dan-windows/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar