Senin, 21 Oktober 2013

Cara merawat baterai laptop agar awet

Cara merawat baterai laptop agar awet


Ada beberapa hal yang harus dihindari untuk merawat baterai agar tahan lama.
Kapankah kita harus charge baterai? Apakah saat sudah 0% ataukah boleh setiap saat? Pertanyaan ini muncul karena ada kekawatiran memory effect (suatu kondisi dimana baterai harus di charge saat 0%, karena misalnya baterai discharge saat masih 20%, maka pada periode berikutnya titik 0% baterai berada di titik 20% atau kemampuan baterai secara otomatis sudah berkurang 20%). Kondisi ini benar untuk tipe baterai lama seperti Nickle-based batteries. Akan tetapi hampir semua laptop sekarang menggunakan lithium-based batteries sehingga tidak mengalami memory effect sehingga dapat dicharge setiap saat. Beberapa catatan berikut ini dapat dijadikan tips merawat baterai.

Apakah kita harus mencopot baterai ketika charging sudah 100% dan laptop tetap terhubung dengan listrik? Hal tersebut boleh dilakukan atau tidak. Ketika baterai sudah 100% dan kabel charge tetap terhubung dengan listrik tidak membayahakan karena segera sesudah charging mencapai level 100%, baterai memutus aliran listrik dan energi listriknya dialihkan ke sistem power supply laptop (rata-rata laptop sekarang sudah memiliki sistem seperti ini). Akan tetapi, pada saat laptop dalam kondisi yang sangat panas, membiarkan baterai dan laptop tetap terhubung listrik bisa merugikan.

Dalam kondisi normal, jika laptop tidak terlalu panas (suhu normal di CPU dan hard disk sekitar 40C-50C), tidak perlu mencopot baterai

Dalam pemakaian yang sangat intensif yang membuat laptop panas (misalnya saat main games, temperaturnya bisa lebih dari 60C), baterai sebaiknya dicopot jika laptop terhubung dengan listrik untuk melindungi baterai dari panas. Kondisi yang terlalu panas merupakan musuh terbesar baterai lithium.

Membiarkan baterai sampai 0% sampai laptop mati sendiri dan kemudian mencharge baterai sebaiknya dihindari. Kondisi ini bisa membuat baterai stress dan rusak. Sebaiknya baterai dicharge saat mencapai kapasitas 20-30% daripada nunggu sampai 0%.

Ada beberapa system operasi computer yang dapat mengurangi masa pakai baterai.

- Windows Aero, tema yang memungkinkan efek visual seperti window transparency, meningkatkan kinerja graphics card dapat mengurangi masa pakai baterai.

- SuperFetch, ReadyBoost dan SearchIndexer merupakan layanan Windows Vista (dan di atasnya) yang meskipun dalam posisi battery mode, tetap menggunakan hard disk and meningkatkan total konsumsi daya sehingga mengurangi masa pakai baterai.

SUMBER : http://linguistika.staff.stainsalatiga.ac.id/general-info/cara-merawat-baterai-laptop-agar-awet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar